AGRESI MILITER BELANDA

 Agresi Militer Belanda I terjadi pada 21 Juli 1947 hingga 5 Agustus 1947. Belanda melanggar Perjanjian Linggarjati yang telah disepakati pada 25 Maret 1947. Perjanjian Linggarjati ternyata belum mampu menyelesaikan perselisihan antara Belanda dan Indonesia. Pihak Indonesia meyakini, berdasarkan proklamasi kemerdekaan wilayah Indonesia secara sah adalah wilayah bekas Hindia Belanda.

Pada tanggal 3 Juni 1947, Belanda mengultimatum Indonesia mengenai pembatasan negara yang seharusnya sudah merdeka. Indonesia membalas ultimatum dengan menuntut kebebasan sesuai isi Perjanjian Linggarjati. Nota jawaban tersebut ditolak Komisi Jenderal Belanda. Perselisihan mencapai puncak pada 21 Jui 1947 dengan serangan ke Jakarta yang kemudian dikenal dengan nama Agresi Militer Belanda I.

Serangan dilakukan secara serentak ke seluruh wilayah milik RI. Belanda menyebut bahwa serangan ini merupakan aksi polisionil untuk menertibkan kekuasaannya. Belanda mengabaikan seruan internasional untuk menaati Perjanjian Linggarjati dan menghentikan konflik dengan Indonesia. Dengan kekuatan militer yang modern, pasukan Belanda mampu menguasai Jawa dan Sumatera secara cepat.

Lebih lengkapnya mari kita simak video berikut ini :



Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Dilarang memberikan alamat atau link aktif.Terima kasih komentarnya