kenapa baju hitam lebih menyerap panas?

Asssalammualaikum.. :) pernah kah kalian menggunakan pakaian hitam dibawah teriknya sinar matahari?Mengapa bisa demikian?nah,sekarang admin akan mengungkapkan rahasia dibalik itu semua.

Sesuai dengan teori benda yang mengatakan bahwa segala sesuatu akan terlihat berwarna karena ketika dia memantulkan cahaya. Semakin sedikit cahaya yang dipantulkan maka warnanya akan semakin gelap. Karena warna gelap menyerap cahaya lebih banyak maka secara langsung akan menyerap panas lebih banyak dari cahaya tersebut.

Hal ini terjadi karena perpindahan kalor dengan cara radiasi. Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh suatu zat, yakni energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Sementara radiasi adalah perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik, seperti cahaya tampak (merah, kuning, hijau, dan lain-lain), infra merah, dan ultraviolet. 

Warna hitam akan menyerap semua spektrum cahaya. Inilah yang kemudian membuat energi radiasi yang diterima benda berwarna hitam menjadi lebih besar. Emesitas (e) adalah koefisien emisivitas, dimana emivitas itu sendiri adalah ukuran besar pemancaran radiasi kalor sebuah benda berbanding dengan benda hitam. Nilai emisivitas (e) bergantung pada jenis permukaan benda.


Penyerap cahaya yang paling buruk atau pemantul sempurna memiliki nilai e = 0, sedangkan benda yang hitam sempurna dengan nilai e = 1 adalah benda yang memiliki sifat penyerap sempurna sekaligus pemancar radiasi kalor dengan sempurna. Sedangkan nilai 0 < e < 1, benda yang dapat menyerap dan pemancarkan radiasi hanya sebagian saja.
Semakin besar emisivitas suatu benda (mendekati 1), semakin besar laju kalor yang dipancarkan benda tersebut. Bisa dikatakan bahwa benda yang berwarna gelap biasanya memancarkan kalor yang lebih banyak dibandingkan dengan benda yang berwarna terang.
Jadi, alasan mengapa mengenakan pakaian hitam di siang hari akan merasa kepanasan adalah ketika sinar matahari menerpa pakaian, pakaian akan menyerap energi dari sinar tersebut yaitu panas. Terlebih pada pakaian warna hitam yang memiliki emisivitas tinggi atau penyerap kalor yang baik.
Pakaian hitam itu pun kembali memindahkan energi panas (yang tinggi) yang diserapnya kepada benda yang bersuhu lebih rendah, yakni tubuh si pemakai baju hitam.

Nah, sekarang kalian tahu alasannya kenapa kita dianjurkan menggunakan pakaian berwarna putih ketika melakukan kegiatan di bawah terik matahari. Pakaian putih akan memantulkan cahaya matahari dan membantu menjaga tubuh kita tidak merasa kegerahan atau kepanasan. Sedangkan orang yang memakai baju hitam di panas terik matahari akan merasa kegerahan karena pakaiannya menyerap cahaya dan panas.

Previous
Next Post »
Dilarang memberikan alamat atau link aktif.Terima kasih komentarnya